RPP KTSP 2006 Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Semester Genap Tahun 2018

RPP KTSP 2006 Mata Pelajaran Sejarah Kelas X  Semester Genap Tahun 2018 - Pada kesempatan kali ini RPP lengkap akan share informasi mengenai RPP Lengkap Mata pelajaran Sejarah SMA / MA kelas X Semester Genap, tentu saja lengkap, karena telah tersedia:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

  • Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 RPPLengkap.Com
  • Mata Pelajaran   : Sejarah
  • Kelas/Semester : X/2
  • Standar Kompetensi : 2.  Menganalisa Peradaban Indonesia dan Dunia
  • Kompetensi Dasar : 2.1. Menganalisa Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia
  • Indikator : Menganalisa proses munculnya dan berkembangnya; kehidupan awal manusia dan masyarakat di Kepulauan Indonesia berdasarkan sejarah perkembangan bumi
  • Alokasi Waktu  : 1x45 menit
  • Pertemuan ke  : 1 (Kesatu)
Tujuan Pembelajaran
A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Menganalisa teori tentang proses munculnya kehidupan awal manusia dan masyarakat di Kepulauan Indonesia berdasarkan sejarah perkembangan bumi
  Nilai Karakter Bangsa  : 
§   Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin), Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).
B.     Materi Pembelajaran
  • Menganalisa teori tentang proses munculnya kehidupan awal manusia dan masyarakat di Kepulauan Indonesia berdasarkan sejarah perkembangan bumi
C.     Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi 
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Menganalisis proses munculnya kehidupan awal manusia dan masyarakat di kepulauan Indonesia 
·     Mendiskusikan dan menganalisis teori tentang proses munculnya kehidupan awal manusia dan masyarakat di kepulauan Indonesia
·     Siswa dapat Menganalisis Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru mengajukan pertanyaan perkembangan bumi pada zaman es.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.      Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Guru menjelaskan proses munculnya kehidupan awal manusia dan masyarakat di Kepulauan Indonesia (hal 109 - 112). (nilai yang ditanamkan: Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Bersama-sama melakukan diskusi kelompok mengenai penyebab bersatunya kawasan Asia, Indonesia, dan Asia (Aktivitas hal 112). (nilai yang ditanamkan: Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: menghargai prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab.)
3.      Kegiatan Penutup
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab.);
·         Menarik kesimpulan materi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab.);
E.     Sumber Belajar
  • Kurikulum KTSP dan perangkatnya
  • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA -    
  • Buku sumber Sejarah SMA –  (hal 108 – 112)
  • Peta konsep
  • OHP
  • Buku-buku penunjang yang relevan
  • Internet
F.      Penilaian
  • Unjuk kerja dalam bentuk diskusi mengenai penyebab bersatunya kawasan Asia, Indonesia, dan Asia (Aktivitas hal 112).

Lembar Penilaian Diskusi

Lembar Penilaian Diskusi

Hari/Tanggal               : …………………………………………………….
Topik diskusi/debat    : ……………………………………………………..
No
Sikap/Aspek yang dinilai
Nama Kelompok/ Nama peserta didik
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Penilaian kelompok
1.
Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik



2
Kerjasama kelompok



3
Hasil tugas



Jumlah Nilai Kelompok


Penilaian Individu Peserta didik
1.
Berani mengemukakan pendapat



2.
Berani menjawab pertanyaan



3.
Inisiatif



4.
Ketelitian



Jumlah Nilai Individu



                                                                      
Mengetahui,                                                                Tompobulu,    Januari 2018
Kepala SMA Negeri 1 RPPLengkap.Com                  Guru Mata Pelajaran,

KEPALA SEKOLAH ANDA                     NAMA ANDA

Nip. NIP KEPSEK                                        Nip. NIP ANDA 

  • Silahkan Unduh Gratis Versi Wordnya disini

Demikianlah ARTIKEL mengenai RPP KTSP 2006 Mata Pelajaran Sejarah Kelas X  Semester Genap Tahun 2018, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[rl]