Cara Pengisian Lengkap Pembelajaran di Dapodikmen SMA / SMK

Cara Pengisian Lengkap Pembelajaran di Dapodikmen SMA / SMK - Pembelajaran mencatat semua pembagian tugas mengajar guru pada masing-masing rombel. Dalam Pembelajaran SMA sendiri terdiri dari dua jenis kurikulum, yaitu Kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013. Pada Bab Pembelajaran SMA ini akan kita bahas secara rinci tentang proses entry pembelajaran SMA baik KTSP maupun Kurikulum 2013. Sebelum mengisikan pembelajaran pastikan untuk pemilihan Program Pengajaran sudah sesuai dan Pemilihan kurikulum sudah sesuai karena akan mempengaruhi referensi yang di tampilkan pada jendela pembelajaran. Sebagaimana untuk pemilihan program pengajaran dan kurikulum telah dibahas di bab sebelumnya.   Sebelum kita membahas prosedur entry pembelajaran, akan dijelaskan bagian jendela pembelajaran sebagaimana berikut :

Mata Pelajaran 
Kolom Mata pelajaran menampilkan daftar mata pelajaran yang sesuai dengan jenis kurikulum yang dipilih pada tab rombel. Mata pelajaran yang ditampilkan dikelompokkan ke dalam beberapa kelompok sesuai dengan karakteristiknya masing-masing. Kelompok mapel dan daftar mapel ini berasal dari referensi, sehingga penamaannya tidak bisa  diubah.
Nama Mata Pelajaran Lokal
Nama Mata Pelajaran Lokal menampilkan nama mata pelajaran yang secara default sama dengan nama pada kolom Mata Pelajaran. Namun pada kolom ini data masih bisa di edit, dimana dapat disesuaikan dengan nama mapel di sekolah masing masing. 
Kode Mapel
Menampilkan Kode Referensi Mata Pelajaran (mapel) dan bukan merupakan kode mapel sertifikasi seperti yang tertera di info GTK serta Kode ini tidak dapat  diubah.
PTK 
Pada kolom PTK akan terdapat pilihan Daftar PTK yang akan di mapping sesuai dengan mapel yang diampu. Daftar PTK yang ditampilkan adalah jenis PTK Guru bukan Tenaga Administrasi Sekolah. Apabila diperlukan pencarian nama PTK, silahkan ketikkan minimal 4 karakter dari nama PTK tersebut, maka sistem akan mencarikan nama PTK yang dimaksud selama ada di dalam daftar PTK (Guru).
SK Mengajar
Pada SK mengajar diisi Nomor SK Pembagian Tugas Belajar Mengajar setiap semester dari sekolah masing-masing.
Tgl SK
Tanggal SK diisi sesuai Tanggal SK Pembagian Tugas Belajar Mengajar setiap semester dari sekolah masing-masing.
Jam (Jumlah Jam Mengajar)
Secara default jumlah jam mengajar adalah 0 (nol), sekolah dapat mengisi data jumlah jam mengajar sesuai dengan pembagian tugas jam mengajar di masing-masing sekolah. Dalam memasukkan data jumlah jam mengajar dibatasi oleh data max jam
Max (Maksimal)
Data max jam  berasal dari referensi mapel kurikulum yang disesuaikan dengan peraturan yang berlaku. Max jam merupakan maksimal Jam yang bisa diisi untuk mapel bersangkutan sesuai dengan yang termuat didalam peraturan menteri pendidikan. Data max jam ditentukan oleh pusat sehingga tidak perlu di Entry.
Tombol Refresh
Berada dibagian pojok Kanan atas, tombol ini digunakan untuk merefresh tampilan pembelajaran apabila  terdapat Max jam tampil kosong dan atau daftar mapel tidak tampil.
Tombol Tambah
Berfungsi untuk menambakan mapel apabila belum ditampilkan di dalam daftar pembelajaran.
Tombol Simpan
Berfungsi untuk menyimpan hasil entry data pembelajaran.
Tombol Hapus
Berfungsi untuk menghapus daftar mapel. Perlu diketahui untuk default mapel tidak dapat di hapus tetapi hanya menghapus hasil entryan saja.
Tombol Ubah Kelompok Mapel
Berfungsi untuk mengubah kelompok mapel hasil entry-an yang tidak sesuai dengan kelompoknya. Jika entrian data pembelajaran yang sebelumnya sudah diisi, namun tampil pada kelompok yang tidak seharusnya, maka mapel tersebut dapat diubah kelompoknya ke dalam kelompok yang sesuai dengan menggunakan tombol ini.
Footer

Bagian ini menampilkan jumlah jam pembelajaran yang sudah dientri dalam pembelajaran. Jumlah jam yang ditampilkan adalah Jumlah total jam dalam 1 rombel maupun jumlah sub total pada masing-masing kelompok mapel dalam rombel tersebut.[rl]