Prosedur Entry Pembelajaran Kurikulum SMA KTSP di Dapodikmen SMA

Prosedur Entry Pembelajaran Kurikulum SMA KTSP - Sebelum mengisi pembelajaran, pastikan pemilihan/pembuatan rombel pada tab rombongan belajar sudah benar, diantaranya : Jenis rombel yang dipilih pada posisi “Kelas” . Program Pengajaran : diisi dengan program pengajaran/jurusan rombel tersebut. → Untuk tingkat X diisi umum, sedangkan tingkat XI dan XII disesuaikan dengan program masing-masing (Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial atau Bahasa) . Kurikulum : diisi dengan SMA KTSP  yang sesuai dengan program pengajaran yang dipilih, misalnya :
  • Untuk kelas X, program umum, kurikulum diisi dengan “SMA KTSP UMUM”
  • Untuk kelas XI dan XII, program Bahasa, kurikulum diisi dengan “SMA KTSP BAHASA”
  • Untuk kelas XI dan XII, program IPA, kurikulum diisi dengan “SMA KTSP IPA”
  • Untuk kelas XI dan XII, program IPS, kurikulum diisi dengan “SMA KTSP IPS”

Anggota rombel telah diisi.  Rombongan belajar dan anggota rombel. Setelah pembuatan rombel dan penentuan anggota rombel, dilanjutkan dengan Entry pembelajaran.  Pilih rombel yang akan diEntrykan data pembelajaran kemudian tekan tombol pembelajaran.

Maka akan tampil jendela pembelajaran


Daftar Mapel yang ditampilkan pada jendela pembelajaran Kurikulum SMA KTSP mengacu pada Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, sebagaimana telah disebutkan pada struktur kurikulum diatas.
a. Entry Mapel Bidang Studi Wajib. 
Kelompok ini akan menampilkan daftar mapel umum yang diajarkan.  Silahkan masukan data pembelajaran pada mapel yang telah disediakan, pilih PTK yang mengajar mapel tersebut ( ketik minimal 4 huruf dari nama untuk memulai pencarian nama), kemudian masukan data SK mengajar, tanggal SK dan jumlah jam mengajar guru tersebut. Pengisian jumlah jam mengajar tidak diperbolehkan melebihi batsa max jam yang tertera.  Klik simpan untuk menyimpan data, disarankan Entry data pembelajaran satu per satu kemudian disimpan untuk menghindari kegagalan penyimpanan data.   Khusus pada mapel muatan lokal, silahkan masukan data mata pembelajaran pada salah satu muatan lokal yang sesuai, kemudian pada kolom Nama Mapel Lokal diisi dengan nama mapel muatan lokal sebagaimana tertera pada dokumen kurikulum di sekolah masing-masing (misalnya Bahasa Bali). pilih juga PTK yang mengajar mapel tersebut ( ketik minimal 4 huruf dari nama untuk memulai pencarian nama), kemudian masukan data SK mengajar, tanggal SK dan jumlah jam mengajar guru tersebut. Pengisian jumlah jam mengajar tidak diperbolehkan melebihi batas max jam yang tertera.  Klik simpan untuk menyimpan data.  Berikut ini contoh input pembelajaran pada Mapel Bidang Studi Wajib.


Pastikan bahwa pada waktu anda mengisi pembelajaran hanya pada mapel yang memiliki batas max jam Untuk mapel agama yang dipilih hanya 1 dari 6 mapel agama yang disediakan. Untuk Mapel Pendidikan Agama, pengisian data pembelajaran mengikuti mapel agama yang diajarkan di rombel tersebut. Entri mapel agama dilakukan di rombel tersebut (tanpa membuat rombel baru). Untuk mapel Keterampilan/Bahasa asing lainnya, yang dipilih hanya 1 yaitu pendidikan keterampilan atau salah satu mapel bahasa asing yang disediakan. Jumlah jam mengajar yang diperbolehkan pada kelompok Mapel  mapel Bidang studi wajib adalah : untuk program umum kelas X adalah 38 jam, untuk program IPA (kelas XI maupun XII) masingmasing 27 jam, untuk program IPS (kelas XI maupun XII) masingmasing 29 jam, , untuk program Bahasa (kelas XI maupun XII) masing-masing 29 jam.
b. Entry Mapel Peminatan/Program. 
Kelompok ini akan menampilkan daftar mapel yang menjadi ciri khas program. Jumlah mapel yang dapat dipilih pada kelompok ini adalah 3 mapel pada masing-masing program diantaranya :  Program IPA : Fisika, Kimia dan Biologi
Program IPS : Ekonomi, Sosiologi dan Geografi
Program Bahasa : Bahasa Asing (dipilih salah satu dari bahasa asing yang disediakan), Sastra Indonesia dan Antropologi
Silahkan masukan data pembelajaran pada mapel yang telah disediakan, pilih PTK yang mengajar mapel tersebut ( ketik minimal 4 huruf dari nama untuk memulai pencarian nama), kemudian masukan data SK mengajar, tanggal SK dan jumlah jam mengajar guru tersebut. Pengisian jumlah jam mengajar tidak diperbolehkan melebihi batas max jam yang tertera. Klik simpan untuk menyimpan data, disarankan Entry data pembelajaran satu per satu kemudian disimpan untuk menghindari kegagalan penyimpanan data. Berikut ini contoh input pembelajaran pada mapel Peminatan/ Program.



Pastikan bahwa pada waktu mengisi pembelajaran di setiap mapel yang memiliki batas max jam.
Khusus pada program bahasa, mapel bahasa asing lainnya dipilih salah satu yang sesuai dengan pilihan mapel yang diajarkan.
Jumlah mapel pada masing-masing program (kecuali kelas X) untuk kelompok ini adalah masing-masing 3 mapel.
Jumlah jam        yang      diperbolehkan   pada      kelompok            Mapel Peminatan/Program adalah : untuk kelas X adalah 0 jam, untuk program IPA (kelas XI maupun XII) masing-masing 12  jam, untuk program IPS (kelas XI maupun XII) masing-masing 10 jam, untuk program Bahasa (kelas XI maupun XII) masing-masing 10 jam.
c. Entry Mapel BK.
Untuk mapel Bimbingan Konseling (BK) pada SMA KTSP dikelompokkan dalam Bidang Studi Tambahan /Mapel Lainnya. Guru BK bertugas untuk membimbing peserta didik, sehingga untuk mengetahui pembimbing pada masing-masing rombel perlu dientry guru BK pada masing-masing rombel tersebut. Silahkan masukan data pembelajaran pada mapel bimbingan konseling yang telah disediakan, pilih PTK yang membimbing mapel tersebut ( ketik minimal 4 huruf dari nama untuk memulai pencarian nama), kemudian masukan data SK mengajar, tanggal SK dan isikan 0 pada jumlah jam guru tersebut. Pengisian jumlah jam mengajar tidak diperbolehkan selain 0, karena mengakibatkan jumlah jam pada rombel menjadi tidak normal.  Klik simpan untuk menyimpan data.  Berikut contoh input pembelajaran pada Mapel Bidang studi tambahan 


Pastikan bahwa anda mengisi jam dengan angka 0. Jumlah jam mengajar pada kelompok mapel lainnya tidak boleh lebih dari 0 jam.
d. Entry Mapel Bidang Studi Wajib (Tambahan Max. 4 Jam).
Kurikulum SMA 2006 (KTSP) mengijinkan sekolah untuk menambah jam pelajaran maksimal 4 jam per rombel. Penambahan jam ini diperuntukkan untuk menambah jam mapel yang dianggap kurang berdasarkan hasil analisis sekolah masing-masing dan atau dapat pula digunakan untuk menambah mapel muatan lokal.  Jam mapel yang ditambahkan oleh sekolah ini diinput pada dapodik dan dikelompokkan ke dalam Mapel Wajib (tambahan jam). Adapun alur Entrynya adalah sebagai berikut : Pada jendela pembelajaran, klik tambah, Pada jendela pilihan jam, cek pada “Mapel Wajib (Tambahan max. 4 jam)” kemudian klik “simpan dan tutup”


Selanjutnya pada Mapel, pilih mapel yang akan ditambahkan, pada Nama Mapel Lokal diisi dengan Nama Mapel Lokal, pilih PTK yang mengajar mapel tersebut ( ketik minimal 4 huruf dari nama untuk memulai pencarian nama), kemudian masukan data SK mengajar, tanggal SK dan isi jam dengan jumlah jam tambahan (jumlah penambahan jam) mapel tersebut. Lakukan hal yang sama untuk menambah mapel lainnya. Klik simpan untuk menyimpan data, disarankan Entry data pembelajaran satu per satu kemudian disimpan untuk menghindari kegagalan penyimpanan data.  Berikut ini contoh input pembelajaran pada mapel wajib (tambahan jam)


Jumlah jam yang dientry pada masing-masing mapel adalah sejumlah jam tambahan pada mapel tersebut. ( jika hanya menambahkan 1 jam maka pada jam diisi 1). Jumlah jam tambahan yang diperbolehkan pada kelompok Bidang studi wajib (tambahan jam) ini secara keseluruhan hanya 4 jam. [rl]